Tingkatkan Sinergi dan Koordinasi, Rutan Cipinang Berikan Penguatan Tupoksi Petugas Pengamanan Melalui Diskusi -->

Pasang Iklan Disini

Pasang Iklan Anda Disini !!!.....,

red2

Tingkatkan Sinergi dan Koordinasi, Rutan Cipinang Berikan Penguatan Tupoksi Petugas Pengamanan Melalui Diskusi

Sabtu, 12 Oktober 2024


 MERDEKAANEWS *Tingkatkan Sinergi dan Koordinasi, Rutan Cipinang Berikan Penguatan Tupoksi Petugas Pengamanan Melalui Diskusi*


Jakarta - Rumah Tahanan Negara Kelas I Cipinang menggelar Rapat Dinas dan koordinasi untuk memperkuat Tugas Pokok dan Fungsi Petugas Pengamanan. Kegiatan ini dipimpin oleh Kepala Rutan Cipinang, Irwanto, dan dihadiri oleh Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan Cipinang, Anak Agung GDE Wisnuputra Dalem, beserta seluruh jajaran petugas pengamanan. Rapat ini bertujuan menciptakan keamanan dan ketertiban yang kondusif guna mendukung keberhasilan sistem pemasyarakatan di Lapas/Rutan, (Jum’at 11/10).


Kegiatan ini dilaksanakan dengan antusiasme tinggi dari jajaran petugas pengamanan. Dalam kegiatan tersebut, Irwanto menekankan pentingnya koordinasi dan komunikasi yang efektif antara petugas untuk menjaga situasi yang aman dan terkendali.


"Keberhasilan Pemasyarakatan tidak terlepas dari peran aktif petugas dalam menjalankan tugasnya dengan baik. Mari kita tingkatkan kerja sama demi menciptakan lingkungan yang aman," ujarnya.


Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan, Anak Agung GDE Wisnuputra Dalem, menambahkan bahwa diskusi dan pertukaran pendapat sangat diperlukan untuk memperbaiki pelaksanaan tugas. "Saya mengapresiasi partisipasi rekan-rekan petugas yang aktif bertanya dan berdiskusi. Ini menunjukkan bahwa kita semua berkomitmen untuk meningkatkan kinerja," ungkapnya.


Dalam konteks Pemasyarakatan, kegiatan ini juga menggarisbawahi tiga kunci Pemasyarakatan Maju, yaitu, Deteksi Dini Gangguan Kamtib, Berantas Narkoba, Sinergi APH, plus Back to Basic menjadi semangat utama untuk kembali pada prinsip dasar Pemasyarakatan yang humanis dan efektif.


Sementara itu, Kakanwil Kemenkumham DKI Jakarta, R. Andika Dwi Prasetya, yang berada di tempat lain, memberikan dukungan atas kegiatan ini. Ia mengatakan, "Keberhasilan sistem pemasyarakatan sangat bergantung pada komitmen petugas di lapangan. Kita harus kembali pada prinsip dasar yang mendasari Pemasyarakatan, yakni memanusiakan narapidana agar mereka bisa berkontribusi positif setelah bebas," tegasnya singkat.


Melalui kegiatan ini, Rutan Cipinang berharap dapat meningkatkan sinergi antar petugas dan menciptakan sistem pengamanan yang lebih baik. Dengan demikian, diharapkan dapat tercipta keamanan yang optimal, sehingga mendukung program pelayanan warga binaan dan menjaga citra positif Pemasyarakatan.


Kegiatan ini diakhiri dengan penegasan bahwa semua petugas harus tetap waspada dan proaktif dalam melaksanakan tugas sehari-hari demi tercapainya tujuan bersama.